Tentang Kami

Latar Belakang

Sebagai bagain dari Tri Darma Perguruan Tinggi, Departemen Teknik Elektro Universitas Indonesia berkepentingan untuk melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarkat (P2M) secara aktif, yang dikoordinir dalam satu wadah yaitu Unit Pelayanan dan Pengadian Masyarakat (UP2M). Kegiatan ini melibatkan langsung peran dosen dan mahasiswa sebagai sarana untuk memberikan kontribusi keilmuan dan tanggung jawab akademis kepada masyarakat umum dan industri terkait. Melalui aktivitas tersebut diharapakan akan dihasilkan output pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan pemasyarakatan teknologi dibidang teknik elektro dan berbagai kegiatan riset dan pegujian keteknikan dengan melibatkan industri mitra strategis.

 

Dasar Pembentukan

UP2M Departemen Teknik Elektro dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Dekan Fakultas Teknik Universitas Indonesia dengan SK No.: 005A/D/SK/FTUI/1/2009. Sejak dibentuk di tahun 2009 UP2M telah melakukan kegiatan kontribusi kepada masyarakat.

 

Bidang Keahlian

UP2M Departemen Teknik Elektro didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki keahlian sesuai dengan bidang keilmuan Teknik Elektro. Secara umum bidang keilmuan Teknik Elektro dapat diklasifikasikan menjadi bidang keahlian yang lebih spesifik sesuai dengan kelompok keilmuan. Bidang keahlian tersebut antara lain:

  • Teknik Tenaga Listrik (Arus Kuat)
  • Teknik Telekomunikasi
  • Teknik Kendali (Kontrol)
  • Teknik Elektronika
  • Teknik Komputer (Teknologi Informasi)

Dengan bidang keilmuan yang spesifik tersebut semakin memperluas ruang lingkup aktivitas dari UP2M Departemen Teknik Elektro.

 

Aktivitas

Aktifitas pengabdian masyarakat UP2M Departemen Teknik Elektro secara umum dapat dikategorikan menjadi 3 kegiatan sebagai berikut:

  1. Kegiatan Pengujian Teknis

Kegiatan pengujian teknis dilakukan oleh UP2M bekerjasama dengan mitra. Pengujian teknis yang dilakukan sesuai dengan bidang kompetensi yang ada di dalam Departemen Teknik Elektro.

  1. Kegiatan Kajian

Kegiatan kajian dilaksanakan oleh UP2M dengan mitra dari sektor publik maupun sektor privat. Melalui kegiatan kajian tersebut dihasilkan luaran berupa laporan dan rekomendasi yang  dapat digunakan sebagai acua dalam pembuatan kebijakan oleh pihak terkait.

  1. Kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi

Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan bertujuan menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan keahlian. Peserta dari program pelatihan ini adalah masyarakat umum, maupun institusi dari sektor publik dan privat.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty